It's Running Man, Spartaaa!


Semenjak beberapa tahun lalu saya sudah menyukai beberapa variety show buatan televisi Korea. Sorry to say, but they have many better television shows than we have. Dan baru-baru ini saya rajin menonton salah satu variety show yang berjudul “Running Man”. Acara ini merupakan program games dimana sekelompok orang yang berperan sebagai Running Man diberikan beberapa misi yang harus mereka penuhi. Untuk setiap misi yang berhasil mereka jalankan, mereka akan mendapatkan sebuah Running Ball yang merupakan kunci untuk terbebas dari hukuman pada episode tersebut. Yang menarik dari Running Man ini adalah dalam setiap episodenya mereka selalu menampilkan permainan yang seru, lucu, dan unik. Ditambah lagi semua anggota Running Man yang memiliki karakter dan keunikan masing-masing yang selalu mengundang gelak tawa para penontonnya.


Dalam beberapa episode pertamanya, anggota Running Man selalu dibagi menjadi dua tim, yaitu tim merah dan tim biru. Kedua tim tersebut bersaing sepanjang episode, dan tim yang keluar sebagai pemenangnya (dengan cara diundi) di akhir acara adalah tim yang terbebas dari hukuman. Hukuman yang mereka jalani berupa pulang ke rumah mereka masing-masing atau ke suatu tujuan tertentu dengan penampilan yang memalukan. Dalam perkembangannya, persaingan dilakukan secara perorangan, dan orang-orang yang tidak memperoleh Running Ball sama sekali dalam episode itulah yang akan mendapatkan hukuman.
Dalam setiap episode-nya Running Man selalu menampilkan bintang tamu. Bintang tamu ini pasti dari kalangan artis Korea, entah itu artis kawakan ataupun hallyu stars yang sedang naik daun. Awalnya, bintang tamu bergabung dalam salah satu tim, merah atau biru. Dalam perkembangannya, kehadiran bintang tamu menjadi salah satu bagian dari permainan. Pernah dalam beberapa episode, kedelapan orang Running Man harus mencari bintang tamu yang tersembunyi dalam tempat area permainan mereka, apabila bintang tamu itu berhasil mencapai misi mereka terlebih dahulu, maka tim Running Man yang kalah. Pernah juga terjadi sebaliknya, tim Running Man yang diberi misi, sedangkan bintang tamu harus mencari mereka dan menggagalkan misi tersebut.


Running Man awalnya selalu mengambil waktu pada malam hari, dan berlokasi di landmark kota Seoul, seperti Suwon World Cup Stadium, Seoul Tower, Lotte World, museum-museum dan berbagai tempat wisata di Seoul, bahkan gedung penyiaran SBS juga pernah menjadi area permainan Running Man. Namun dalam perkembangannya, Running Man mengambil tempat di beberapa lokasi wisata di Korea dan tidak hanya syuting pada malam hari saja, melainkan juga siang hari. Pernah pada suatu episode, Running Man melakukan permainan Hide and Seek di area terbesar sepanjang acara mereka pernah dilakukan, yaitu di desa Wootdali Culture. Satu desa penuh dijadikan area bermain mereka, termasuk warga-warga yang ada disitu. Seru sekali! Ada yang kejar-kejaran menggunakan sepeda di pinggir sawah, ada yang sembunyi di rumah penduduk, bahkan ada yang menebeng mobil warga yang sedang lewat untuk kabur dari pengejarnya. Pada episode 50 dan 51, Running Man bahkan bertandang ke luar negeri, yaitu Thailand. Dalam episode tersebut, seluruh kota Bangkok menjadi area permainan terbesar yang diberi nama Bangkok Race. Permainan sudah dimulai sejak mereka tiba di bandara internasional Bangkok, tanpa diduga di sana mereka disambut oleh ribuan fans yang menggemari serial program “Running Man”. Pada episode 61 dan 62, Running Man mengambil tempat di Beijing, China. Beijing Race diadakan di seluruh kota Beijing dengan beberapa landmark yang menjadi area permainan. Tembok Raksasa yang sangat panjang termasuk dalam area permainan mereka.


Permainan yang mereka mainkan pun beragam, mulai dari petak umpet, kejar-kejaran, menyanyikan lagu secara benar dan berurutan, permainan kartu, dan lain sebagainya. Diantara seluruh permainan tersebut, ada satu permainan wajib dalam setiap episodenya, itu juga merupakan permainan yang paling seru dan paling saya sukai, yaitu Race Mission. Sebagai bagian dari Race Mission ini adalah permainan Hide and Seek alias petak umpet. Namun dalam acara ini lebih tepatnya disebut sebagai Hide and Chase karena pada akhirnya pasti tim yang bersaing melakukan kejar-kejaran. Dalam permainan ini, pada episode awalnya hanya merupakan permainan petak umpet biasa, ada tim yang sembunyi dan ada tim yang mencari. Dalam perkembangannya, tim yang sembunyi diberikan sebuah misi untuk dipenuhi, dan tim yang mencari ini harus berhasil membuat seluruh anggota tim misi untuk keluar dari permainan sebelum mereka menyelesaikan misinya. Lalu pernah juga Hide and Seek dilakukan antara tim Running Man dan bintang tamu. Selain itu, dalam beberapa episode tim Running Man plus bintang tamu dibagi lebih dari dua tim, ketiga atau lebih tim-tim itu saling mengejar satu sama lain, anggota tim yang paling lama bertahan yang keluar sebagai pemenangnya.
Dalam setiap episodenya, Running Man selalu menampilkan sesuatu inovasi yang baru dan menarik, sehingga para penontonnya tidak bosan dan selalu menunggu-nunggu setiap episodenya. Saya sendiri harus mengakui bahwa saya mulai ketagihan dengan program acara ini. Dulu acara “Family Outing” adalah yang menurut saya paling lucu dan menarik, namun semenjak kehadiran “Running Man” yang menyajikan adrenalin serta keseruan yang jauh lebih besar, “Running Man”lah yang menjadi nomor satu. ;D Kedelapan anggota tetap Running Man juga memiliki karakter dan peran masing-masing yang selalu menarik di setiap episodenya, apalagi dengan kehadiran para bintang tamu yang beragam.





Program yang mulai mengudara di stasiun televisi nasional Korea, SBS, pada tanggal 11 Juli 2010 ini masih tayang hingga sekarang. Hingga tanggal 27 November 2011 kemarin jumlah episode yang sudah tayang adalah 70 episode. Program yang memasang MC nasional kondang, Yoo Jae Suk, sebagai MC sekaligus anggota tetap Running Man ini ditayangkan seminggu sekali sebagai bagian dari program SBS’s Good Sunday. Rating yang terus meningkat hingga sekarang dan popularitas yang tinggi untuk program ini sepertinya akan membuat program ini terus tayang untuk waktu yang lama. Apalagi jika seluruh kru dan tim terus menampilkan hal-hal baru yang unik, lucu, dan menarik dalam setiap episodenya.

Share:

0 komentar