7 Lagu Ter-Nggerus

“Never mind, I’ll find someone like you. I wish nothing but the best for you too. ‘Don’t forget me,’ I begged. ‘I’ll remember,’ you said. Sometimes it lasts in love, but sometimes it hurts instead.” –Adele, Someone Like You

‘Nggerus’ adalah bahasa Jawa yang dalam bahasa Indonesia berarti ‘nelangsa’. Lagu yang menurutku nggerus adalah lagu-lagu yang menimbulkan rasa sakit dan perih yang teramat sangat ketika mendengarnya. Lagu yang bisa membuat pendengarnya merasa nelangsa. Baik itu mulai dari musiknya, lirik lagunya, atau bahkan hingga suara vokalnya yang mengiris-iris relung hati para pendengarnya. Berikut ini adalah tujuh lagu yang menurutku merupakan lagu-lagu ter-nggerus sepanjang masa.

7. Foolish Games – Jewel
Lagu pertama yang membuka urutan lagu ter-nggerus adalah “Foolish Games” oleh Jewel. Lagu ini menceritakan seorang gadis yang merasa ‘asing’ dengan kekasihnya sendiri, seorang gadis yang memiliki kekasih namun selalu merasa kesepian dan tersakiti oleh sikap kekasihnya tersebut. Alunan musik piano dan suara serak-serak basah Jewel membuat pendengar lagu ini terbawa dalam suasana melankolis yang nelangsa.

6. My Immortal – Evanescence
Lagu berikutnya adalah lagu milik sebuah band bernama Evanescence yang berjudul “My Immortal”. Lagu ini terdiri dari dua versi yang berbeda dalam segi musiknya. Versi pertama adalah full band version, alunan piano di awal hingga tengah, lalu musik band dengan drum-nya di akhir, versi kedua adalah dari awal hingga akhir lagu diiringin alunan piano dan orkestra. Kedua versi sama-sama bagus, hanya saja aku lebih prefer pada versi yang full band, karena musiknya lebih berwarna tanpa mengurangi esensi ke-nggerus-an lagunya, justru memberi kesan ‘klimaks’ pada lagu ini, apalagi vokal Amy Lee yang menyayat hati. Lagu ini berkisah tentang seorang gadis yang ditinggal kekasihnya untuk selamanya dan tak sanggup menepiskan kekasihnya itu dari pikirannya.

5. Loving You – D’Cinnamons
Ini adalah lagu nggerus pertama dalam daftar yang dibawakan oleh penyanyi dalam negeri. D’Cinnamons dengan lagu “Loving You”. Dengan konsep band ini yang membawakan lagunya secara akustik, ditambah lantunan suara sang vokalis yang serak namun merdu membuat lagu ini menjadi sangat nggerus. Ditambah lagi dengan lirik lagunya yang menceritakan seorang gadis yang jatuh cinta pada sahabatnya sendiri, namun sahabatnya tidak menyadarinya. Walaupun terluka dengan cerita-cerita sahabatnya yang mencintai gadis lain, dia tetap mencoba bertahan di tengah luka yang ia rasakan. Sungguh lirik yang nggerus total!

4. Mungkin Nanti – Peterpan
Lagu ini adalah satu-satunya lagu nggerus dalam daftar yang dinyanyikan oleh seorang pria. Ketika melihat keseluruhan daftar nantinya, akan terlihat bahwa lagu ini adalah satu-satunya lagu yang ‘berbeda’ dibandingkan dengan lagu lain di daftar. Musik dalam lagu “Mungkin Nanti” milik grup band Peterpan ini sedikit up beat ala band pada umumnya. Liriknya menceritakan seseorang yang berkata pada mantan kekasihnya untuk tidak mengungkit-ungkit kisah mereka yang telah lalu ketika mereka bertemu lagi kelak. Adalah wajar apabila masih teringat kisah-kisah yang dulu, namun tak usah diungkit lagi, karena mungkin ketika akhirnya bertemu lagi suatu hari nanti, mereka sudah menjadi sosok yang berubah dengan perasaan yang sudah berbeda. Suatu ketika aku pernah menangis ketika mendengar lagu ini, benar-benar menangis, tanpa sebab yang pasti. Karena itulah lagu ini masuk dalam daftar.

3. Broken Vow – Lara Fabian
This song really makes me speechless! Suara vokal Lara Fabian dalam lagunya yang berjudul “Broken Vow” terdengar sangat nelangsa. Ditambah lagi dengan alunan musiknya yang mendayu-dayu. Lirik lagu ini menceritakan pengkhianatan dan keikhlasan. Seorang gadis yang sakit dan terluka karena dikhianati oleh kekasihnya, namun ia memutuskan untuk merelakan kekasihnya itu pergi. Ia merelakannya karena baginya, untuk apa sebuah hubungan dipertahankan apabila salah satu pihak telah melanggar komitmen yang dijanjikan. Memang yang terbaik yang sanggup dilakukan adalah melepaskannya pergi.

2. Unbreak My Heart – Toni Braxton
Di peringkat dua lagu ter-nggerus adalah “Unbreak My Heart” milik Toni Braxton. Bercerita tentang seorang wanita yang ditinggal pergi kekasihnya untuk selamanya dan berat baginya untuk menjalani hari-harinya dan move on, lirik lagu ini benar-benar semakin mematahkan hati para wanita yang memang sudah patah hatinya. Suara berat Toni Braxton yang seksi dengan musik yang mellow membuat suasana lagu ini semakin mendukung untuk menitikkan air mata ketika mendengarnya.

1. Someone Like You – Adele
Here it is, the most nggerus song of mind, Adele with “Someone Like You”. Lagu yang sangat bagus ini dikemas dengan simpel namun elegan dan classy. Musik khas Adele yang membalut suara seraknya yang indah dengan dentingan piano membuat lagu ini menyayat-nyayat perasaan ketika mendengarnya. Ditambah lagi dengan lirik lagunya yang menceritakan seorang gadis yang ditinggal menikah oleh mantan kekasih yang masih sangat dicintainya. Walaupun terluka dan cinta harus berakhir, gadis itu mencoba untuk tetap tegar dengan meyakinkan dirinya sendiri bahwa ia akan menemukan seseorang seperti mantan kekasihnya itu. Ia bahkan mendoakan yang terbaik bagi mantan kekasihnya itu. Tidak ada yang lebih nggerus dari ‘mencoba tersenyum di tengah derai air mata’. Totally heart-breaking lyrics. :’(

“These foolish games are tearing me apart. And your taught less words are breaking my heart. You’re breaking my heart.” –Jewel, Foolish Games

Tags:

Share:

0 komentar