Discovery of Romance

Thursday, October 16, 2014

We broke up after dating exactly for five years. I feel like I’ve become a damaged good in dating because of her. Whomever I meet, I don’t like anyone as much as I liked her. Even now, I don’t know why we broke up. We were really great together.” –Kang Tae Ha (Discovery of Love, 2014)

I don’t know why it had to be at that moment. It was an amazing coincidence.” –Kang Tae Ha (Discovery of Love, 2014)

My attitude in dating changed because of him. I’ve become faster and precise in calculations. I’ve learned to take the upper hand in dating. I’ve learned a lot through all kinds of failures.” –Han Yeo Reum (Discovery of Love, 2014)

How does coincidence become destiny? And where does destiny take us?” –Han Yeo Reum (Discovery of Love, 2014)

This guy has changed. This relationship is over. I felt it with my whole body, and it really hurt me.” –Kang Tae Ha (Discovery of Love, 2014)

What’s the most magical thing in this world? My answer is time. Among many uncontrollable thing in this life, time is most mysterious one. Therefore it’s magical. It has the power to surprise people with its unpredictable things that happen. In life, time is a journey of discovery. In a South Korean drama series titled “Discovery of Love”, three people are captured in a story of discovering the meaning of love and relationship in their life. What if, after many years have passed, your ex-lover suddenly come into your life again? What if, when that thing happens, you’re already in a happy relationship with someone? What if, no matter what the situation is, your ex-lover is able to shake off your mind and heart again? What if, after that hard breakup, after that long separation, you find yourself falling all over again for your ex-lover? Indeed, time can surprise people with things that they don’t even ever imagined before. When you think that you will never meet your ex-lover again or even fall in love with them again, time happens to make it. This is a story of a discovery; of love, romance, life meaning, and self identity.

"Discovery of Love" official poster - source: www.koreandrama.org


Kisah ini dimulai sepuluh tahun yang lalu, ketika Kang Tae Ha (Moon Jung Hyuk/Eric) dan Han Yeo Reum (Jung Yu Mi) mulai berkencan. Lima tahun kemudian, mereka berdua berpisah, atau lebih tepatnya, Yeo Reum memutuskan hubungan begitu saja dengan Tae Ha. Sementara di sisi lain, meskipun tidak memahami alasan sebenarnya mengapa Yeo Reum mengakhiri hubungan mereka, Tae Ha menerima keputusan itu. Kesibukan Tae Ha dan berkurangnya perhatian pria itu menjadi alasan yang diungkapkan Yeo Reum untuk mengakhiri hubungan mereka. Sebaliknya, Tae Ha merasa itu bukanlah alasan yang kuat, namun kesibukannya yang pada saat itu tengah membangun karir sebagai seorang arsitek membuat pria itu menerima keputusan Yeo Reum begitu saja untuk meninggalkannya. Setelah perpisahan itu, mereka berdua tak pernah bertemu lagi. Hingga sekarang ini, ketika keadaan telah menjadi jauh berbeda, jalanan takdir mempertemukan Tae Ha dan Yeo Reum kembali. Mereka saling mendapati bahwa tak banyak yang berubah dari diri satu sama lain. Tae Ha rupanya masih sendiri, tenggelam dalam karirnya. Ia bahkan mengakui bahwa Yeo Reum telah meninggalkan jejak mendalam pada dirinya sehingga ia kesulitan menjalin hubungan baru. Sebaliknya, Yeo Reum telah menjalin hubungan serius dengan pria baru.
Adalah Nam Ha Jin (Sung Joon), pria yang kini menjadi kekasih Han Yeo Reum. Ia adalah seorang dokter bedah yang sukses, tampan, dan baik hati; gambaran lelaki ideal yang menjadi impian setiap wanita. Ha Jin dan Yeo Reum diperkenalkan oleh rekan kerja Ha Jin yang juga merupakan sahabat dan teman serumah Yeo Reum, dokter bedah Do Joon Ho (Yoon Hyun Min). Awalnya, Joon Ho berniat menjodohkan Ha Jin dengan Yoon Sol (Kim Seul Gi), sahabatnya dan Yeo Reum yang juga merupakan teman serumah mereka berdua. Namun, Sol sama sekali tidak tertarik pada Ha Jin, dan pria itu justru tertarik pada Yeo Reum. Mereka telah berkencan selama satu tahun dan Ha Jin berniat untuk segera melamar Yeo Reum menjadi istrinya, bahkan ketika ia tahu bahwa ibunya tidak menyukai Yeo Reum. Satu hal tentang Ha Jin yang Yeo Reum bahkan belum ketahui, pria itu adalah anak angkat yang dulu diadopsi dari sebuah panti asuhan. Yeo Reum juga tidak tahu bahwa Ha Jin tengah mencari seorang gadis, yang dulu ia tinggalkan di panti asuhan.
Adalah Ahn Ah Rim (Yoon Jin Yi), gadis yang dicari-cari oleh Nam Ha Jin selama ini. Ketika mereka berdua tinggal di panti asuhan sewaktu kecil dulu, mereka sangat dekat seperti kakak dan adik kandung. Namun sejak Ha Jin pergi meninggalkan panti asuhan karena diadopsi oleh keluarga angkatnya, mereka berdua tidak pernah bertemu selama 20 tahun lamanya. Ha Jin berhasil mengenali Ah Rim dari bekas luka di tangannya, yang gadis itu dapat ketika Ha Jin membawanya kabur ke hutan dulu. Sedangkan, Ah Rim sama sekali tidak mengenali Ha Jin sebagai sosok kakak laki-lakinya yang ia kenal dengan nama Ahn Jin Soo. Mendapati fakta bahwa ia telah menemukan Ah Rim kembali, Ha Jin tidak sanggup membawa dirinya untuk mengatakan kejujuran kepada gadis itu mengenai jati dirinya yang sebenarnya. Terlebih lagi, ia merasa bersalah, melihat kehidupan Ah Rim yang jauh bertolak belakang dari kehidupannya yang serba tercukupi semenjak ia diadopsi. Ah Rim menjalani kehidupan yang keras tanpa pernah diadopsi sama sekali. Dengan kedok sebagai daddy long legs bagi Ah Rim, Ha Jin mulai memberi perhatian lebih dan selalu membantu gadis itu, bahkan hingga mengabaikan Han Yeo Reum, kekasihnya.
Kembali pada relasi antara Kang Tae Ha dan Han Yeo Reum, fakta bahwa Yeo Reum telah memiliki Nam Ha Jin rupanya tidak menghalangi Tae Ha untuk mendapatkan hati mantan kekasihnya itu kembali. Terlebih lagi, setelah pertemuan pertama mereka kembali yang tidak sengaja, mereka dipertemukan kembali oleh sebuah proyek pekerjaan. Tae Ha adalah seorang arsitek, sementara Yeo Reum adalah seorang desainer interior. Untuk pertama kalinya semenjak mereka menjalani karir mereka, mereka dipertemukan dalam satu proyek yang sama. Untuk pertama kalinya semenjak mereka berpisah, mereka didekatkan kembali melalui satu pekerjaan yang sama. Tae Ha telah menyadari perasaannya sendiri sejak ia bertemu kembali dengan Yeo Reum, bahwa wanita itulah yang ia butuhkan, bahwa ia selalu mencintai wanita itu, bahwa hanya bersama wanita itulah yang selama ini ia cari. Di sisi lain, tak mudah bagi Yeo Reum untuk begitu saja memahami perasaannya. Seiring kebersamaan mereka berdua, barulah Yeo Reum menyadari, bahwa Tae Ha adalah jawabannya, dan bukan Ha Jin.
Sementara itu, hubungan Nam Ha Jin dan Han Yeo Reum memburuk, meskipun Ha Jin tak ingin mengakuinya dan terus berusaha mempertahankan hubungan mereka. Sementara itu ia juga tak sanggup melepaskan Ahn Ah Rim meskipun kebaikannya terhadap gadis itu tidak hanya menimbulkan kecemburuan Yeo Reum, melainkan juga membuat Ah Rim memiliki perasaan lebih kepada Ha Jin, tanpa mengetahui bahwa pria itu adalah kakak yang selama ini ia cari. Di sisi lain, Yeo Reum pun tak ingin mengakui bahwa hubungannya dengan Ha Jin telah memburuk dan tetap berusaha mempertahankan hubungan itu. Sementara itu ia juga tak sanggup melepaskan Kang Tae Ha yang secara perlahan kembali merebut hatinya, meskipun kedekatan mereka menimbulkan kecemburuan Ha Jin, tanpa pria itu ketahui bahwa Tae Ha lebih dari sekadar rekan kerja bagi Yeo Reum, melainkan mantan kekasih wanita itu. Hingga pada suatu hari, semuanya terungkap begitu saja. Ah Rim mengetahui siapa Ha Jin sebenarnya, dan Ha Jin mengetahui bahwa Tae Ha dan Yeo Reum pernah menjadi sepasang kekasih.

"Discovery of Love" official photo - source: www.asianwiki.com


“Discovery of Love”, atau yang dikenal juga dengan judul “Discovery of Romance” dan “Finding True Love”, adalah serial drama komedi romantis yang terdiri dari 16 episode. Serial ini ditayangkan pada bulan Agustus hingga Oktober 2014 dan mengudara di stasiun televisi KBS. Berpusat pada relasi antara sepasang mantan kekasih yang dipertemukan kembali oleh jalanan takdir, Kang Tae Ha dan Han Yeo Reum, kisah dalam serial ini dihiasi dengan kehadiran sosok Nam Ha Jin, pria yang kini menjadi kekasih Yeo Reum. Lebih dari sekadar kisah cinta biasa, “Discovery of Love” menyajikan secara gamblang realitas relasi antara pria dan wanita dari sudut pandang keduanya; baik suka dan duka maupun pahit dan manis, semuanya. Satu hal yang terlintas dalam benak ketika selesai menonton serial ini, bahwa waktu dapat memberikan kejutan-kejutan luar biasa bagi orang-orang, dalam banyak hal. Beberapa hal yang tertangkap dalam serial ini diantaranya adalah tentang relasi dengan mantan kekasih, tentang hal-hal yang belum selesai, tentang penemuan jati diri, dan tentang melepaskan.
Pertama adalah tentang relasi dengan mantan kekasih. Waktu dapat mempertemukan kita dengan orang-orang dari masa lalu yang bahkan tak pernah kita duga sekalipun. It’s natural for people to be curious about how their ex-lovers are doing, but that doesn’t that they want to get back again with them, just a mere curiousity, like what Kang Tae Ha said in the first episode of this series. Namun ketika pada akhirnya mereka benar-benar dipertemukan kembali dengan mantan pacar mereka, terkadang sesuatu berjalan tak seperti yang mereka duga. Yang kedua kalinya belum tentu sama dengan yang pertama. Bagi beberapa pasangan, termasuk Tae Ha dan Han Yeo Reum, pertemuan mereka kembali justru menjadi kesempatan untuk memulai lagi segalanya dari awal. Meskipun pada awalnya Yeo Reum merasa pesimis bahwa ia dapat menerima Tae Ha kembali dalam kehidupannya, namun Tae Ha berhasil meyakinkannya bahwa semua itu bisa terjadi. For a true love to be able to bloom, all that it needs is a chance. Try it, take the risk to start a new, you never know. Indeed, life is about trial and error, and that’s how people learn.
Kedua adalah tentang hal-hal yang belum selesai. Apa yang membuat perasaan seseorang terhenti di masa lalu? Jawabannya adalah hal-hal yang belum selesai, atau yang sering orang sebut dengan istilah ‘unfinished business’. Janji-janji yang belum terpenuhi, kata-kata yang belum terucapkan, pertanyaan-pertanyaan yang belum terjawab, perpisahan yang menggantung di udara; waktu memiliki caranya sendiri untuk mengungkapkan itu semua. Waktu membukakan mata hati kita atas segala yang tak sanggup kita lihat dan rasakan sebelumnya. Hal inilah yang terjadi dalam relasi Kang Tae Ha dan Han Yeo Reum. Seseorang akan menjadi lemah di hadapan mantan kekasihnya ketika masih ada hal-hal yang belum selesai di antara mereka berdua. Seseorang dapat memilih untuk meninggalkan atau kembali pada mantan kekasihnya ketika mereka telah menemukan jawaban atas hal-hal yang belum selesai di antara mereka berdua. Bagi beberapa pasangan, termasuk Tae Ha dan Yeo Reum, jawaban yang mereka dapatkan meyakinkan mereka bahwa mereka berdua akan lebih baik apabila bersama; bahwa terlepas dari segala yang telah, sedang, dan akan terjadi, mereka akan selalu menemukan jalan untuk saling kembali pada satu sama lain. For a true love to be able to bloom, all that it needs is timing. Catch it, take the risk to start a fresh, you never know. Indeed, life is about finding its meaning, and that’s how people learn.
Ketiga adalah tentang penemuan jati diri. Yes, the discovery itself. Baik disadari maupun tidak, waktu mendewasakan manusia, dan ketika seseorang sanggup menemukan jati dirinya, ia sanggup pula menemukan makna cinta. Seiring berjalannya waktu, keadaan dapat terbolak-balikkan. Sebelum memahami hal-hal di sekitar kita, pahamilah diri sendiri terlebih dahulu. Straighten out the feeling, time will help. Waktu akan mendewasakan kita, ketika kita membuka hati dan pikiran untuk melihat segalanya lebih dekat dan menyeluruh. Sebelum memberi perasaan bagi orang-orang di sekitar kita, pahamilah perasaan kita terlebih dahulu. Give it all, sincerely, time will help. Waktu akan menunjukkan siapa yang ada di sana pada akhirnya, dan siapa yang benar-benar kau butuhkan untuk ada di sana pada akhirnya. Sumber permasalahan terbesar pada relasi antara pria dan wanita adalah keadaan di mana wanita mudah merasa curiga, sedangkan pria tak mudah bicara alasan, seperti yang terjadi pada Kang Tae Ha dan Han Yeo Reum. Dengan mengenali dan memahami diri sendiri, maka kita akan sanggup mengenali dan memahami orang lain. For a true love to be able to bloom, all that it needs is understanding. Be a grown-up, take the risk to start a beginning, you never know. Indeed, life is about give some and take some, and that’s how people learn.
Terakhir adalah tentang melepaskan. Untuk satu hal ini, tokoh Nam Ha Jin mengajarkan banyak hal. The art of letting go is never easy. Hence, people have to know how to stop, to let go, when it’s time. A goodbye is not the ending. Hence, it’s the beginning of another hello. Kita harus tahu kapan saatnya untuk berhenti, bagaimana caranya untuk melepaskan, meskipun kita sadar bahwa tak ada perpisahan yang mudah. Kita harus tahu kapan saatnya untuk merelakan, bagaimana caranya untuk pergi, bahkan ketika kita sadar bahwa tak ada perpisahan yang tak menyakitkan. Satu hal yang harus kita yakini, kisah yang baru selalu menanti untuk dijalin di luar sana ketika kita berani mengakhiri kisah yang tak lagi menjadikan kita sebagai tokoh utama di dalamnya. Satu hal yang harus kita percaya, hal yang baik selalu menanti untuk diraih di luar sana ketika kita berani melepaskan hal yang tak lagi baik bagi kita sekarang. Letting go is also a form of giving chance. Letting go is also a form of protecting the love. Letting go is also a form of redefining ourselves. For a true love to be able to bloom, all that it needs is a space. Be brave, take the risk to start another story, you never know. Indeed, life is about enjoy the ride, and that’s how people learn.

"Discovery of Love" official photo - source: www.asianwiki.com


“Discovery of Love” mempertemukan kembali pasangan pemeran tokoh utama, Eric Moon dan Jung Yu Mi, setelah tujuh yang lalu mereka beradu akting bersama dalam serial drama “Que Sera Sera” (2007). Tak perlu diragukan lagi, chemistry di antara keduanya tak terbantahkan. Mereka berdua menghidupkan karakter Kang Tae Ha dan Han Yeo Reum dengan sempurna. Kejutan justru datang dari aktor sekaligus model, Sung Joon, yang dituntut untuk memerankan karakter Nam Ha Jin yang berusia jauh lebih tua dibandingkan umur asli pria berusia 24 tahun itu. Not to mention that he looks so damn gorgeous in this series, with his new hairstyle and all. But I have to mention that I ship Nam Ha Jin–Ahn Ah Rim couple more than Tae Ha–Yeo Reum couple. I really wish that anyone would make a separated story (a different series, perhaps) for Ha Jin–Ah Rim couple. Even though in term of storyline I still feel that this series fall behind “It’s Okay, That’s Love” and “Marriage, Not Dating”, “Discovery of Love” is a good series to spend your leisure time. Besides, personally it gives me some new perspective of seeing the relationship with an ex-lover. For you who craves for romantic comedy, this series surely has to be in your watching list.





You told me that the special one becomes one of many women in the world as time passes by. That’s wrong. The one for me, the one and the only one for me, no matter how many time passes, she’s still the only one for me. After breaking up with her, even if I meet someone else and find another love, that special one never becomes one of many people. Because there is only one of her.” –Kang Tae Ha (Discovery of Love, 2014)

It didn’t even take three minutes for us to fall in love. How long will it take us to break up? Love happens between two people and the breakup also happens between two people. So how could they be so different?” –Han Yeo Reum (Discovery of Love, 2014)

If you’re falling for him, why don’t you just let it be? Maybe it’s more complicated because you’re trying to get over it.” –Yoon Sol (Discovery of Love, 2014)

Ahn Ah Rim: “Even now when we meet again, you haven’t told me why you’re sending me away, and why you don’t want me to be near to you. You’re sending me away without telling me the reason. If we get to meet again and separate again, I hope we say a proper goodbye to each other.
Nam Ha Jin: “I realized it then, why she said those mean things to me, why I held back so much like an idiot. I’m the kind who can’t say, ‘let’s break up.’ I don’t know how to break up properly.
(Discovery of Love, 2014)

Han Yeo Reum: “Someday, this love will end too. There’s no love that doesn’t end. But if we don’t believe that it will last forever, then we’ll never be able to hold hands.
Kang Tae Ha: “The climax of romance has already passed for us. We’ll just live and argue over nothing now. I think I like that better now.
(Discovery of Love, 2014)

You Might Also Like

0 komentar