Doctor Stranger

Thursday, September 11, 2014

Everyone has a unique heartbeat, just like everyone has a different face. Listen, mine has the same pattern as yours. That’s how I know we’re meant for each other, you and I.” –Park Hoon (Doctor Stranger, 2014)

She’s someone who makes me feel thankful to be alive and breathing. She’s the person who helped me finding my dream.” –Park Hoon (Doctor Stranger, 2014)

Friend, do you know why people call us doctors?  Because we are doctors, they can not accept a single mistake. Doctors who deals with life and death.” –Park Cheol (Doctor Stranger, 2014)

A person who can do it has to do it than a person who wants to do it.” –Han Jae Joon (Doctor Stranger, 2014)

Turbulence and chaos make a hero, and that hero rules the world.” –Jang Seok Joo (Doctor Stranger, 2014)

Everyone in this life has their own purposes of their existences. Some people live as they’re searching for those purposes, while some others are already living on their purposes. Some people live as they’re pursuing their purposes, while some others are losing it and try to find another purpose. Purpose is the reason why everyone in this life, and every life in this world, is interconnected. There are no such stranger person for each other. A well-known author, Mitch Albom, once said that strangers are just family we have yet to know. And that’s indeed true. In a South Korean drama titled “Doctor Stranger”, a man’s journey of life has brought him to a strange new place and meet some strange new people. As a stranger, he tries to adapt, and finds himself that the place and the people are not as strange as he thought at first. There’s a reason why the fate has brought him there, the answer of all the questions why, and he will find it.

"Doctor Stranger" official poster - source: www.asianwiki.com


Kisah ini bermula pada tahun 1994, ketika situasi politik dan militer antara Korea Selatan dan Korea Utara tengah memanas. Kondisi ini antara lain disebabkan oleh teknologi nuklir yang dikembangkan oleh Korea Utara yang mengundang perhatian Amerika Serikat untuk menghentikan usaha Korea Utara tersebut dengan cara paksa, yang dapat memicu perang antara Korea Utara dan Korea Selatan. Pada waktu itulah, Jang Seok Joo (Chun Ho Jin), mewakili pemerintah Korea Selatan, meminta bantuan kepada dokter ahli bedah jantung ternama, Park Cheol (Kim Sang Joong), untuk mencegah perang yang dalam waktu dekat akan segera pecah tersebut. Caranya adalah dengan melakukan operasi jantung terhadap kepala negara Korea Utara pada waktu itu, yang tengah dalam kondisi kritis akibat penyakit jantungnya. Karena apabila diktator komunis tersebut meninggal dunia, maka Amerika Serikat tak akan segan untuk meluncurkan agresi militernya kepada Korea Utara, dan perang pun tak dapat terelakkan lagi.
Terpicu oleh kondisi masyarakat yang semakin memburuk dan kacau akibat kepanikan akan datangnya perang, Park Cheol pun memutuskan untuk menerima tawaran Jang Seok Joo. Ia dan anak laki-lakinya, Park Hoon kecil (Goo Seung Hyun), pun memasuki Korea Utara untuk menjalankan misi heroik tersebut. Misi tersebut pada akhirnya berhasil dan perang pun terhindarkan. Namun, ternyata Seok Joo memiliki rencana keji di balik itu semua. Alih-alih memulangkan Dokter Park dan anaknya ke Korea Selatan, ia mengutus pasukan untuk membunuh mereka. Pihak Korea Utara yang melihat bakat Dokter Park, serta merasa berhutang budi, pun memutuskan untuk memalsukan kematian Dokter Park dan anaknya, serta menjadikan mereka berdua sebagai warga negara Korea Utara. Sementara itu di Korea Selatan, nama Seok Joo melambung sebagai pahlawan pencegah perang, sedangkan tak ada orang yang mengetahui bahwa sesungguhnya perjuangan Park Cheol yang berada di balik itu semua.
Tiga belas tahun kemudian, Park Hoon dewasa (Lee Jong Suk) telah menjadi mahasiswa di sekolah kedokteran Korea Utara. Ia tumbuh besar bersama dan jatuh hati kepada Song Jae Hee (Jin Se Yeon), perempuan pertama yang ia kenal di sana, sekaligus alasan utama mengapa ia bertahan untuk hidup di negara asing tersebut. Namun naas, pada malam ketika Hoon akan menemui orang tua Jae Hee untuk melamar gadis itu, Jae Hee dan keluarganya ditangkap oleh tentara karena ayah Jae Hee dianggap sebagai kriminal politik. Keesokan harinya, Hoon dibawa oleh tentara ke pusat penelitian rahasia tempat para dokter-dokter unggul Korea Utara berada. Di tempat itu, hanya ada jalan masuk. Sekalinya ia masuk ke sana, maka ia tak akan dapat keluar lagi. Dengan niat semata-mata untuk menemukan Jae Hee, Hoon pun menerima tawaran untuk bergabung di pusat penelitian tersebut. Hingga pada akhirnya, lima tahun kemudian, Hoon yang telah menjadi seorang dokter ahli bedah jantung seperti ayahnya, menemukan Jae Hee dalam kondisi sekarat.
Demi membantu usaha Park Hoon untuk menyelamatkan Song Jae Hee dan kabur dari pusat penelitian, Park Cheol mengorbankan nyawanya. Namun kematian Dokter Park tidak sia-sia. Hoon berhasil keluar dari pusat penelitian, meskipun pada akhirnya ia kehilangan Jae Hee lagi dan harus terpisah dengan wanita itu. Selain itu, Hoon juga menjadi buronan militer Korea Utara akibat aksinya dalam usaha menyelamatkan Jae Hee. Dua tahun kemudian, Hoon yang tak dapat lagi hidup di Korea Utara pun kini telah menetap di Korea Selatan bersama rekannya sesama pengungsi dari utara, Lee Chang Yi (Yoon Bora). Ia membuka praktik dokter secara pribadi dan sederhana di tempat tinggalnya. Pada suatu hari, berkat perantara ilegal, Chang Yi berhasil mendatangkan ibunya dari Korea Utara ke selatan. Melihat hal ini, Hoon terpicu untuk menggunakan cara yang sama demi mendatangkan Jae Hee. Namun sebelum dapat melakukannya, ia harus mengumpulkan uang dalam jumlah yang tidak sedikit, yang akan sulit didapatkan hanya dari praktik dokternya.
Jalan hidup Park Hoon kemudian menuntunnya ke Rumah Sakit Universitas Myung Woo, di mana dokter Han Jae Joon (Park Hae Jin) baru saja diangkat sebagai dokter kepala bagian penyakit jantung. Meskipun awalnya Hoon mengalami kesalahpahaman dengan Dokter Han dan dokter Oh Soo Hyun (Kang So Ra), akhirnya ia pun menjadi dokter di sana. Adalah Han Seung Hee (Jin Se Yeon), dokter di rumah sakit tersebut lah, yang kemudian menjadi salah satu alasan mengapa Hoon akhirnya bersedia menjadi dokter di rumah sakit tersebut. Yaitu karena Seung Hee memiliki kemiripan wajah dengan Song Jae Hee. Seiring berjalannya waktu, timbul kisah cinta segiempat antara Hoon, Soo Hyun, Jae Joon, dan Seung Hee. Namun satu hal yang Hoon belum tahu, yaitu fakta bahwa Seung Hee sebenarnya adalah Jae Hee. Selain itu, ia juga belum menyadari ancaman yang datang dari Jang Seok Joo, yang mengetahui fakta bahwa Hoon adalah anak laki-laki dari dokter Park Cheol, bocah yang dulu bertahan hidup.

"Doctor Stranger" official photo - source: www.asianwiki.com


“Doctor Stranger” adalah serial drama yang ditayangkan oleh stasiun televisi SBS. Serial yang terdiri dari 20 episode ini mengudara pada bulan Mei hingga Juli 2014, mengisi slot waktu tayang yang sebelumnya dihuni oleh serial “God’s Gift – 14 Days”. Dengan menggabungkan berbagai unsur genre mulai dari suspense, thriller, action, melodrama, hingga komedi, “Doctor Stranger” mengusung tema medical dan politik. Berpusat pada kehidupan Park Hoon, seorang dokter muda yang berjuang untuk mempertahankan jati dirinya sebagai dokter sekaligus menyelamatkan nyawa wanita yang dicintainya, serial ini berkisah tentang perjuangan hidup dan pengorbanan. Lebih dari itu, serial ini menyuguhkan sajian lengkap serial drama, dengan romansa percintaan, komedi menyegarkan, serta aksi-aksi menegangkan. “Doctor Stranger” memiliki jalan cerita yang solid, tentang berbagai kehidupan di dunia ini yang saling memiliki keterkaitan satu sama lain.
Life is multiple coincidences bound together into a thing human called as fate. Jalan kehidupan seorang Park Hoon, segala yang ia alami mulai dari ‘terdampar’ di negeri asing, menjadi seorang dokter, kembali ke negara asalnya, hingga bertemu dengan orang-orang yang memberi arti dalam kehidupannya, adalah serangkaian kejadian berantai yang membentuk takdirnya. Pada hakikatnya, tak ada kehidupan yang berdiri sendiri; segalanya bersinggungan dan merupakan sekumpulan kejadian berantai. Hidup seorang Park Hoon, mengapa ia dipertemukan dengan Song Jae Hee, Oh Soo Hyun, dan Han Jae Joon, semuanya memiliki keterkaitan; keterkaitan yang meskipun tak mereka sadari pada awalnya, akan terurai seiring berjalannya waktu. Actually, there’s nothing such a surprise in this life. Segalanya hanya kumparan dari kejadian-kejadian yang saling terkait membentuk satu kejadian lainnya. Akan selalu ada makna di balik setiap pertemuan dan pertanda. Dan pada suatu waktu, makna itu akan terungkap.
Life is a deceitful cold and cruel temptation. Serial drama ini menunjukkan betapa kehidupan di dunia menyuguhkan godaan yang tiada akhir pada manusia dengan segala kefanaannya. Tak ada hitam atau putih, yang ada hanya area abu-abu. Tak ada baik atau jahat, yang ada hanya ketahanan manusia atas godaan yang ditawarkan oleh kehidupan. Tak ada manusia yang berubah, yang ada hanya manusia yang telah mencapai batas ketahannya. Seberapa jauh manusia dapat bertahan pada batasnya ketika didorong oleh keadaan? Jawabannya adalah tak terhingga. Perjuangan Park Hoon dalam rangka menyelamatkan wanita yang ia cintai, Song Jae Hee, menunjukkan bahwa seorang manusia sanggup melakukan segala cara hingga ke titik yang paling ekstrim dan mustahil demi mendapatkan sesuatu yang ia inginkan. Pada tataran yang berbeda, Han Jae Joon melakukan perjuangan dengan energi yang sama, namun melalui proses dan untuk tujuan yang berbeda. There are certainly some things for every person in this world that could make them push it to the limit. Dan bagi orang-orang seperti ini, segala usaha dapat ditempuh, segala cara dapat dilakukan, hingga menembus batas ketahanan mereka.
Life is about choose the priority and stand for the principal. Dua hal yang manusia harus miliki dalam hidup ini; prinsip dan prioritas. Karena ketika seorang manusia dihadapkan pada situasi dan kondisi yang menguji batas ketahanan mereka, dua hal inilah yang akan menjadi pegangan mereka untuk tetap terjaga dan tidak kehilangan arah. Melalui serangkaian peristiwa yang terjadi pada Park Hoon dan orang-orang di sekitarnya, kita ditunjukkan bahwa sesuatu yang penting bagi yang satu belum tentu penting bagi yang lain. Ketika seseorang mempertahankan prinsip dan prioritasnya sendiri, hal tersebut dapat berbenturan dan menimbulkan efek domino bagi orang-orang di sekitarnya, baik itu efek positif maupun negatif. Namun pada hakikatnya tak ada kebahagiaan yang dapat dibangun di atas penderitaan orang lain, dan kita melihat hal itu dari Han Jae Joon dan Jang Seok Joo. Hal sekecil apapun yang seseorang lakukan dapat berarti begitu besar bagi seseorang lainnya. Oleh karena itu, hendaknya manusia selalu menanam kebaikan di dunia ini. Dan bagi orang-orang yang menanam kebaikan lah yang nantinya akan menuai kebahagiaan.
Life is a cycle wheel of destiny, and everything will eventually back to its root. Dalam kepercayaan sebuah agama dikatakan, bahwa manusia berasal dari tanah dan kelak akan kembali ke tanah pula. Dalam kalimat tersebut terkandung makna bahwa tak peduli di mana pun dan dalam kondisi bagaimana pun, pada hakikatnya seseorang harus mengingat asal usulnya. Pun seluruh kejadian, betapa pun rumitnya ia menjadi, kelak akan kembali ke akar kejadiannya. Ketika cerita ini bermula di Korea Selatan, maka sejauh mana pun Park Hoon berkelana untuk mencari jawaban, ia akan menemukannya di tempat di mana semua itu bermula, yaitu Korea Selatan. Ketika cerita ini bermula dari Jang Seok Joo, maka kepada siapa pun Park Hoon bertanya untuk mendapatkan jawaban, ia akan memerolehnya dari sosok tempat semua itu bermula, yaitu Jang Seok Joo. Ketika manusia selalu mengingat asal usulnya, sejatinya ia akan teguh pada jati dirinya, sejatinya ia akan merunduk seperti padi ketika berisi, sejatinya ia akan memberi manfaat bagi kehidupan lain di sekitarnya. Dan berkat orang-orang seperti inilah, dunia dapat tersucikan dari noda kehidupan.

"Doctor Stranger" official photo - source: www.asianwiki.com


“Doctor Stranger” memasang jajaran pemain yang tengah naik daun saat ini, seperti Lee Jong Suk, Jin Se Yeon, Park Hae Jin, dan Kang So Ra. Sebagai pemeran tokoh utama, sangat menyenangkan melihat perkembangan kemampuan akting Lee Jong Suk dalam menghidupkan karakter Park Hoon. Sebagai Park Hoon, terlihat transformasinya dari seorang laki-laki menjadi pria dewasa. Selain itu, seluruh jajaran aktor dan aktris pendukung lainnya juga sanggup memainkan karakter mereka dengan sangat baik. Menariknya, meskipun secara keseluruhan jalan cerita “Doctor Stanger” cukup ‘berat’ untuk sebuah serial drama, sutradara dan tim produksi menyelipkan beberapa bagian yang sanggup memberikan kesegaran dalam serial ini. It’s totally entertaining! It started off with a kind of complicated and hard to digest storyline, but then improved with a light-hearted atmosphere. Overall, it’s a movie-scale drama series that could pump up and drain out all of your emotions. It’s a worth to watch series.




What’s so important in that competition when you don’t even know if they will live or die after the surgery? What’s so important about losing or winning?” –Park Hoon (Doctor Stranger, 2014)

There’s exactly one person in the world who has the same heartbeat as you, that’s your fate.” –Park Hoon (Doctor Stranger, 2014)

They say that you might not notice the filled space, but you will always notice the empty spaces.” –Eun Min Se (Doctor Stranger, 2014)

People are naturally attracted to new and exciting things.” –Han Jae Joon (Doctor Stranger, 2014)

Han Jae Joon: “The princess who lives in the castle, that princess like another knight. I saw the princess in tears after she got dumped by that knight from her proposal. But that put me in sorrow rather than making me upset.
Kim Chi Gyu: “Then that must be real love. You hate her with passion but you’re still feeling sad for her.

(Doctor Stranger, 2014)

You Might Also Like

0 komentar