Coffee Prince

Thursday, April 24, 2014

To be torn in love is the happiest time of one’s life. Later on, he’ll find this as his favorite time too.” –Hong Gae Shik (Coffee Prince, 2007)

Just once. I’ll say this just once, so listen up. I like you. Whether you’re a man or an alien, I don’t care anymore. I’ve tried getting rid of my feeling, but I couldn’t. So let’s go, as far as we can go. Let’s give it a try. –Choi Han Kyul (Coffee Prince, 2007)

I want to live with you. For the rest of my life, I want to eat together, talk together, sleep together, be together. Do I need any other reason?–Choi Han Kyul (Coffee Prince, 2007)

I never thought I’d be left behind since you were always the one who loved me more. But seeing the small changes in your gaze, your sighs, your expression, made my heart fall with a thump. It’s funny that as my feelings for you grew, I lost confidence. So I thought, ‘Let’s preserve the last of my pride. Before I’m being left, let’s leave first.’ That’s why I ran away. I was so afraid of what would happen if you didn’t grab hold of me.–Han Yoo Joo (Coffee Prince, 2007)

I don’t know, whether you’re laughing or crying, just watching you bring me joy. That’s what I like. Promise me one thing, in front of me, just do what you want. Your mood, your feeling, without hiding anything. How’s that?” –Choi Han Sung (Coffee Prince, 2007)

No lies last forever. No matter how hard people try to cover them, the truth will be revealed in the end, whether they’re little white lies or dirty little secrets. This happens in a drama series titled “Coffee Prince”, where a tomboy girl being in a disguise as a boy when a man was mistaken her as a boy. She disguises in order to get a stable job in a coffee shop that only hires boys to attract female consumers. In a desperation for job and money, she deceives her bos but later fall in love with him. More than that, she, who never has a dream before, finds her dream and purpose in life as a coffee barista. But before she can pursue her dream, there’s one thing she has to deal with first. It’s about her real identity as a girl. Beside, there’s her feeling towards her bos, who knows him as a boy. How will she handle all of that?

"Coffee Prince" official poster - source: www.asianwiki.com


Kisah ini berawal dari Go Eun Chan (Yoon Eun Hye), seorang gadis tomboy yang memiliki banyak pekerjaan sambilan untuk menopang ekonomi keluarganya. Ayahnya telah meninggal dunia dan sebagai anak tertua di keluarga ia harus bekerja sebagai tulang punggung untuk ibu dan adik perempuannya yang masih bersekolah. Pada suatu hari ketika tengah menjalankan pekerjaan sambilannya, ia bertemu dengan Choi Han Kyul (Gong Yoo), seorang chaebol (istilah dalam Bahasa Korea untuk menyebut anak dari keluarga kaya) yang baru saja kembali dari Amerika Serikat. Terbiasa hidup serba berkecukupan, seumur hidupnya Han Kyul tidak pernah bekerja dan hanya tahu bersenang-senang. Namun dengan usianya yang telah mencapai kepala tiga, sang nenek dan ibu berupaya keras untuk mencarikan jodoh baginya.
Semenjak pertama kali bertemu dengan Go Eun Chan, Choi Han Kyul mengira bahwa gadis itu adalah laki-laki akibat penampilan tomboy-nya. Han Kyul pun menawarkan kerja sama dengan Eun Chan. Melihat hal tersebut sebagai peluang untuk mendapatkan uang, Eun Chan pun tidak segan untuk menerima tawaran tersebut. Terlebih lagi keluarganya sedang berada dalam kondisi terlilit hutang. Alhasil, Eun Chan berpura-pura menjadi pacar gay Han Kyul untuk membuat para wanita yang dijodohkan oleh ibu dan neneknya kabur. Menyadari bahwa si cucu tidak ingin dijodohkan, nenek Han Kyul pun mengatur agar pria itu mengurus sebuah coffee shop yang selama ini dikelola oleh Hong Gae Shik (Kim Chang Wan) tetapi seperti tidak terurus. Meskipun awalnya menolak mentah-mentah gagasan tersebut, berkat dorongan Eun Chan akhirnya Han Kyul pun setuju dengan penawaran sang nenek.
Melihat potensi coffee shop tersebut, Han Kyul hanya menerima pegawai laki-laki untuk menarik para pengunjung wanita. Eun Chan pun terpaksa meneruskan kebohongannya kepada Han Kyul demi mendapatkan pekerjaan tetap di sana. Bersama dengan Eun Chan dan manajer Hong, Han Kyul merekrut Jin Ha Rim (Kim Dong Wook) si ahli desain interior, Noh Sun Ki (Kim Jae Wook) si pembuat waffle, dan Hwang Min Yeop (Lee Eon) si pekerja keras. Bersama, mereka berenam menjadi motor penggerak coffee shop tersebut, yang perlahan tapi pasti mulai digandrungi oleh para perempuan berkat para pegawainya yang tampan. Di antara para pria tersebut, hanya manajer Hong dan Min Yeop yang mengetahui identitas Eun Chan sebagai perempuan. Namun mereka berdua turut merahasiakannya karena permintaan Eun Chan.
Adalah Han Yoo Joo (Chae Jung An), wanita yang menjadi alasan mengapa Choi Han Kyul menolak untuk dijodohkan. Han Kyul telah memendam perasaan untuk wanita itu selama sembilan tahun lamanya. Namun Yoo Joo menganggap Han Kyul tidak lebih dari sekadar teman. Hati wanita itu selalu tertuju pada sepupu Han Kyul, Choi Han Sung (Lee Sun Gyun), mantan kekasihnya. Setelah sempat mengkhianati Han Sung, kini Yoo Joo berniat untuk kembali bersama dengan mantan kekasihnya itu. Dilema mulai bermunculan ketika Eun Chan jatuh hati pada Han Sung, salah satu pelanggan surat kabar yang diantarkan oleh Eun Chan setiap pagi sebagai salah satu pekerjaan sambilannya. Sedari awal Han Sung mengetahui bahwa Eun Chan adalah wanita. Namun berkat permohonan Eun Chan, ia merahasiakan hal itu dari sepupunya, Han Kyul. Kedekatan Han Sung dan Eun Chan membuat hubungan pria itu dengan Yoo Joo memanas, justru ketika mereka tengah bersama kembali.
Lambat laun, kebersamaan Go Eun Chan dengan Choi Han Kyul pun menumbuhkan perasaan lebih di antara mereka. Perlahan rasa Eun Chan kepada Choi Han Sung mulai memudar, begitu pun rasa Han Kyul kepada Han Yoo Joo. Namun satu masalah masih tertinggal, yaitu Han Kyul yang belum mengetahui identitas Eun Chan sebagai wanita. Hal ini pun membuat Han Kyul mempertanyakan ketertarikan seksual dirinya sendiri. Mengapa ia merasa jatuh cinta pada seorang laki-laki, ketika ia jelas-jelas merasa bahwa dirinya normal dan menyukai perempuan? Di sisi lain, dilema bergolak dalam diri Eun Chan, antara tetap berbohong dan mempertahankan pekerjaannya, atau jujur dengan risiko kehilangan segalanya, pekerjaan sekaligus kepercayaan pria yang dicintainya.

"Coffee Prince" official photo - source: www.fanpop.com


“Coffee Prince”, atau yang terkenal juga dengan judul “The 1st Shop of Coffee Prince”, adalah serial drama komedi romantis yang terdiri dari 17 episode. Serial yang ditayangkan oleh stasiun televisi MBC ini mengudara pada bulan Juli hingga Agustus 2007. Serial ini meraih popularitas yang luar biasa dengan perolehan rating menembus hingga angka 30%. Bahkan, kafe yang menjadi lokasi syuting coffee shop dalam serial ini kini masih dibuka dan menjadi salah satu objek wisata yang paling dikunjungi di kawasan Hongdae, Seoul. Serial ini melambungkan nama pemain-pemain di dalamnya, serta mengukuhkan posisi Yoon Eun Hye sebagai aktris papan atas yang serba bisa dan tidak terkungkung dalam satu jenis karakter saja. Lebih dari sekadar kisah cinta, “Coffee Prince” adalah kisah tentang perjuangan hidup anak manusia dalam menemukan dan mengejar cita-cita serta impian mereka.
To start over a relationship that has been broken before is not an easy thing to do. But sometimes it takes a hard and long separation for two fated people to be together. Sebelum isu utama yang disajikan dalam drama ini, isu pertama yang menarik perhatian adalah tentang Choi Han Sung dan Han Yoo Joo yang kembali berpacaran setelah sempat menjalani perpisahan yang menyakitkan (di pihak Choi Han Sung).  Dilihat secara eksplisit, cinta Han Sung kepada Yoo Joo memang lebih besar dibandingkan cinta Yoo Joo kepada Han Sung, karena pria itu pada akhirnya masih mau menerima Yoo Joo yang pernah meninggalkannya untuk pria lain. Namun apabila dilihat lebih dalam, cinta Yoo Joo kepada Han Sung sama besarnya, karena wanita itu pada akhirnya kembali pada Han Sung, yang mana membutuhkan keberanian yang sangat besar, apalagi oleh seorang wanita, untuk datang dan memohon pada seorang pria yang pernah disakitinya dan belum tentu memaafkannya. It does take courage to start a new relationship, but it takes more to start over and fix a broken relationship. But there’s no impossible thing to do in the name of love.
Cinta adalah percaya, bukan berburuk sangka. Hubungan Go Eun Chan dan Choi Han Kyul memang dimulai dengan cara yang tidak lazim. Bukan salah Eun Chan sepenuhnya apabila ia terpaksa berbohong mengenai jati dirinya kepada Han Kyul, karena pria itu yang sedari awal tidak dapat mengenali Eun Chan sebagai perempuan. Namun ketika Eun Chan meneruskan kebohongannya bahkan ketika ia tahu Han Kyul menaruh rasa padanya dan semua orang selain Han Kyul telah mengetahui kebenarannya, maka di sini Eun Chan melakukan kesalahan. Bagi Eun Chan, ia takut mengatakan kejujuran karena takut Han Kyul akan memecatnya dan ia kehilangan pekerjaan. Ia juga takut Han Kyul akan membencinya ketika tahu ia berbohong selama itu. Bagi Han Kyul, tidak ada alasan. Apabila Eun Chan benar-benar mencintainya, maka ia akan jujur padanya, terlepas dari bagaimanapun risikonya.
Cinta tidak menghakimi, tapi memaafkan. Ketika pertama mengetahui identitas Go Eun Chan sebagai perempuan dan bahwa selama ini ia telah dibohongi, Choi Han Kyul memang merasa marah. Namun marah itu tidak bertahan lama, karena ia mengerti dan memahami betul mengapa Eun Chan melakukan itu semua. Ia juga tahu bahwa Eun Chan sama menderitanya akibat kebohongan itu. Terlebih lagi, tidak ada yang dirugikan dengan kebenaran yang akhirnya Eun Chan berani katakan. Han Kyul hanya merasa kecewa atas ketidakpercayaan Eun Chan kepadanya untuk mengatakan kejujuran. Meskipun begitu, ia tetap percaya pada Eun Chan, karena apapun alasan wanita itu untuk berbohong, pada akhirnya kebenaran terungkap, dan hatinya yang mencintai Eun Chan akan tetap memberikan maaf untuk wanita itu.
Cinta tidak membelenggu, tapi membebaskan. Ia menerima apa adanya, sekaligus membuat jadi lebih baik. Go Eun Chan adalah sosok perempuan pertama yang sanggup memberi motivasi bagi seorang Choi Han Kyul untuk menemukan tujuan hidupnya. Sesuatu yang tidak ia temukan dalam bahkan dalam diri Han Yoo Joo, wanita yang diam-diam ia cintai selama sembilan tahun. Hidup tanpa pernah kekurangan materi dan hanya tahu caranya berhura-hura, Han Kyul tersentuh melihat Eun Chan yang bekerja keras membanting tulang demi keluarganya. Lebih dari itu, mereka saling menemukan dan membangun impian dan cita-cita bersama. Ketika kesempatan datang bagi Eun Chan untuk belajar di luar negeri, meskipun berat, Han Kyul merelakannya pergi demi masa depan gadis itu. Ia melakukannya karena ia begitu mencintai Eun Chan. Ia ingin gadis itu mendapatkan kesempatan dan masa depan yang cerah, dan ia percaya Eun Chan akan menjaga hatinya dan kembali padanya. Seperti Eun Chan yang sanggup memberinya dorongan untuk menjadi lebih baik, ia pun ingin menjadi kekuatan bagi Eun Chan.

"Coffee Prince" official photo - source: www.fanpop.com


“Coffee Prince” memboyong tiga piala dari sebelas nominasi yang diperolehnya dalam ajang penghargaan 2007 MBC Drama Awards. Tiga penghargaan tersebut diraih oleh Yoon Eun Hye sebagai Top Excellence Actress, Gong Yoo sebagai Top Excellence Actor, dan aktor Kim Chang Wan untuk kategori PD Award. Serial yang merupakan adaptasi dari sebuah novel berjudul sama karya Lee Sun Mi ini juga meraih penghargaan untuk kategori Best Drama dalam ajang 20th Korea Production Director Awards. Berkat aktingnya yang memukau, aktris Yoon Eun Hye juga mendapatkan penghargaan sebagai Best Television Actress dalam ajang 44th Baeksang Arts Awards. “Coffee Prince” menyuguhkan sajian lengkap serial drama komedi romantis, dengan alur yang adiktif dan pemeran karakter yang atraktif. It’s definitely a must watch drama.



You know, I need someone who trusts me. Even if the rest of the world says I’m worthless, I need someone who says, ‘He just hasn’t had a chance, he does what he says he’s going to do. He just hasn’t found what he wants to do in life, but he can do it if he puts his heart to it.’ I need someone who trusts me like that. Not someone like you, who deceives even in love, calculating whether or not they’ll be found out and whether or not it hurts.–Choi Han Kyul (Coffee Prince, 2007)

I realized that I can’t take responsibility over your life. But as long as I can still watch you by your side, I think that’s enough. We may be seperated now, bu later, later on, when you first pickle raddish, when you first hold your first child, when you become a student’s parent, when you marry off your kids. Wow, proposing is embarassing.” –Choi Han Kyul (Coffee Prince, 2007)

Choi Han Kyul: “I don’t want to send you either. When I think a cafe without you, I don’t want to come here and I don’t want to work. I don’t want to even think about not seeing you. But I want to show you a larger world. If you go, then you’ll be able to study hard and excitedly.
Go Eun Chan: “If I go, I can’t see you.
Choi Han Kyul: “Why can’t I see you? Are you going to the moon? I can go and see you there. I don’t want you to give up something because you love me. I hope that I can be strength to you and you’ll be able to advance.
(Coffee Prince, 2007)

You Might Also Like

0 komentar